Selasa, 06 Februari 2018

Strategi Jitu Kumpulkan DP Apartemen dengan Cepat

Strategi Jitu Kumpulkan DP Apartemen dengan Cepat

Harga properti yang terus melonjak membuat banyak orang mau tak mau menggunakan sistem kredit untuk bisa memiliki hunian. Salah satu kredit yang seringkali digunakan orang adalah KPA alias Kredit Pemilikan Apartemen.

Nah, yang namanya kredit pasti membutuhkan uang muka atau DP (Down Payment). Besaran DP ini tergantung pada harga apartemen yang akan dibeli. BI telah menetapkan besar DP untuk KPA adalah 15% dari yang sebelumnya 20% - 30%.

Sebagai ilustrasi, Anda ingin membeli apartemen seharga 900 juta, maka uang DP yang harus Anda siapkan adalah 20%nya atau sekitar 180 jutaan. Lalu bagaimana uang sebesar itu (yang baru berupa DP) bisa didapatkan? Nah, Anda harus menyusun strategi agar uang DP apartemen impian Anda segera terkumpul.

Dilansir dari Amethyst Tower, berikut adalah beberapa strategi mengumpulkan uang DP dengan cepat.

Tentukan Apartemen yang Diinginkan

Seperti apa apartemen yang ingin Anda tinggali? Dimana lokasinya? Di pusat kota, pinggir kota, atau di daerah penyangga?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus sudah ada jawabannya sebelum Anda memulai untuk menabung DP apartemen. Hal ini karena lokasi dan fasilitas sangat berpengaruh pada harga apartemen. Nah, jika Anda sudah mengetahui harga apartemen yang diinginkan, barulah Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Buat Target

Setelah mengetahui harga apartemen yang diinginkan, selanjutnya buat target kapan apartemen tersebut harus terbeli dan kapan uang untuk membayar DP harus terkumpul. Target ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan selama jangka waktu yang sudah Anda targetkan.

Saat membuat perhitungan, jangan lupa untuk memperkirakan kenaikan harga properti yang terjadi setiap tahun dengan memeriksa harganya di pasaran. Sebagai contoh, tahun ini DP apartemen yang Anda inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun Anda harus mengumpulkan Rp200 juta.

Menabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

Sebisa mungkin sisihkan 10 hingga 20 persen gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk kebutuhan lain. Namun, jika ingin lebih cepat mengumpulkan uang DP, Anda bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30 persen.

Kurangi Belanja yang Tidak Penting

Prioritaskan kebutuhan pokok dan pangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. Pemangkasan biaya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun juga harus dipertimbangkan dengan periode waktu sebelum akhirnya harus membayar DP apartemen.

Berinvestasi

Agar uang DP apartemen bisa terkumpul lebih cepat, Anda bisa menginvestasikan tabungan dalam bentuk deposito atau logam mulia seperti emas. Kedua investasi ini akan memberikan timbal balik yang cukup besar dalam bentuk bunga dan selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang. Dengan begini, nilai uang Anda akan lebih aman dan tidak akan terlalu sulit dalam mengumpulkan uang DP.


Itulah beberapa tips sukses cepat mengumpulkan uang DP Apartemen. Tidak terlalu sulit bukan? Yang terpenting adalah bersabar dan tetap fokus pada target sampai target tersebut tercapai. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar